Hari Kedua Ospek UNIKU 2017 di Fakultas Ilmu Komputer

Kamis, 14 September 2017 | Editor: Rifki Andriyanto

(gambar: apel pagi Ospek Fkom)

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK)  merupakan momentum wajib yang dilakukan oleh mahasiswa baru sebelum menjadi “Warga kampus” pengenalan kampus kepada mahasiswa baru dengan tema “Membangun karakter mahasiswa dalam  meningkatkan daya saing bangsa”. Ospek UNIKU 2017 hari kedua juga bertujuan memperkenalkan Ormawa dan Ukm yang ada di Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) sebagai wadah mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, serta memberikan pengarahan proses belajar di Fakultas Ilmu Komputer.

 Acara apel pagi berlangsung di jalan Fakultas Ilmu Komputer sebelah gedung Rektorat kampus satu Universitas Kuningan dengan dihadiri Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dadang Hamdani, M.kom., sebagai pembuka acara Ospek hari kedua di Fakultas Ilmu Komputer (12/09/2017).

Rangkaian acara Ospek diisi dengan ngobrol santai oleh dosen Fakultas Ilmu Komputer, terus juga banyak kegiatan yang berbermanfaat, dan acara Ospek hari kedua UNIKU juga diisi dengan pentas seni untuk para mahasiswa baru sebagai penutupan  Ospek Hari kedua di Fakultas Ilmu Komputer.

“Di masalah waktu yang di berikan Uniku ke fkom  kurang memuaskan jadi semua kegiatan seakan di percepat dan kurang puas  di semua pihak pula, entah di panitia maupun di peserta. Kepuasan saya menjadi ketua pelaksanan ospek fakultas mungkin di acara alhamdulillah berjalan dengan lancar, dan di sisi lain saya jadi dikenal oleh dekan fkom dan jajaranya. dan saya sangat menyayangkan dengan beberapa orang panitia yang masih kurang konsisten dan tidak disiplin waktu.” tutur Mohamad Essa Herlandy Selaku Ketua Pelaksana Ospek Fakultas Ilmu Komputer.

“Untuk ospek tahun sekarang dari segi waktu mungkin sangat kurang dikarenakan di fkom sendiri pemateri saja sudah banyak memakan waktu dan kita tidak banyak berbuat banyak untuk bereksperimen atau untuk berkreatif dalam masalah kendala waktu.” Tutur Ayi Hilman Rosadi selaku Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komputer.

Selain itu, Ayi juga menyayangkan waktu yang diberikan oleh UNIKU sedikit, padahal ajang Ospek tidak hanya untuk memperkenalkan Fkom, tapi juga membangun kreatifitas mahasiswa. Dan bisa pula diisi dengan kegiatan yang menambah kreatifitas yang bermanfaat.

“Karena Ospek di tiap fakultas tahun sekarang itu hanya satu hari, mungkin waktu yang pas di fkom untuk di selenggarakannya ospek fakultas itu satu hari setengah karena fkom juga di salah satu materi tersebut membahas tentang robotika sekalian mendemokan produk Fkom itu sendiri. Dan dari segi teknis di tahun sekarang cukup baik memanfaatkan waktu yang di berikan oleh uniku meskipun terbilang kurang. Tapi kekompakan seluruh panitia dan maba (Mahasiswa Baru) cukup bagus”  tambanya.
 
Sedangkan Wakil ketua Umum BEM Dede Husen, ketika ditanya komentarnya tentang acara Ospek hari kedua tahun ini, mengatakan, Ospek tahun sekarang mungkin lebih bagus daripada tahun kemarin dan untuk masalah teknis juga tidak ada yang serius. Dan temen-temen maba pun kompak dan antusias dalam mengikuti acara Ospek ini.

“Yang saya lihat dan saya amati di ospek sekarang tentunya lebih baik di tahun kemarin mungkin, dilihat dari segi kekompakan mahasiswanya dan kedisiplinan waktunya dan keantusiasan temen-temen maba itu lebih meningkat, terbukti dengan datangnya mahasiswa sekarang yang lebih banyak datang dari tahun-tahun sebelumnya apalagi di prodi TI sampai mengalami peningkatan yang cukup signifikan berada di posisi ketiga dari prodi yang terbanyak yang masuk pendaftarnya. Dan juga untuk acara saya lihat tidak ada kendala yang mungkin serius ya meskipun ada hal-hal teknis yang tidak sesuai dengan konsepan awal tapi temen-temen bem sekarang alhamdulillah bisa merespon dengan cepat, tanggap, dan bisa bekerja sama dengan yang lainnya” tuturnya.

Selain itu, Dede Husen menjelaskan bahwa dengan Ospek tahun sekerang kita bisa mengenalkan sebuah Ukm yang ada di fkom yang berhubungan dengan dunia IT tersebut, meskipun sangat menyayangkan waktu yang di berikan untuk Ospek fakultas itu sangat terbatas. Untuk kedepanya pula Dede berharap di beri waktu yang cukup banyak untuk  Ospek yang ada di fakultas tersebut.

“Dan juga di ospek sekarang kita bisa mengenalkan pada temen-temen maba kita bahwa maba Fkom itu ada sebuah Ukm tentunya berhubungan dengan dunia teknologi langsung yang pada itu masih di bawah divisi Paguyuban Barudak Komputer (PBK) tim robotik yang sekarang sudah mempunyai lima produk dan mungkin akan di patenkan dan itu membuat temen-temen maba itu antusias lagi untuk mengikutu Ukm dan sejenisnya. Untuk waktu sepertinya satu hari ga cukup buat perkenalan lingkungan fkom, kedepannya kita pengen temen-temen maba yang ada di fkom bisa kita ospek waktunya lebih di perpanjang lagi, soalnya untuk memaparkan fkom yang lebih jauh tentunya kita juga butuh waktu yang cukup banyak juga waktu yang kita sampaikan. Dan juga terima kasih pada temen-temen Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpuan Mahasiswa (HIMA), Badan Legislatif Mahasiswa (BLM), dan Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) juga yang telah berpartisipasi dalam acara ospek ini semoga tahun depan temen-temen penerus kita menjadikan ospek tahun depan lebih baik daripada Ospek yang sebelumnya.” tambanya.


0 komentar:

Posting Komentar